Berita

Diseminasi PMP: Data Sebagai Dasar Perencanaan yang Tepat, Anggaran dan Perencanaan Harus Sinkron

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Bali melaksanakan kegiatan Diseminasi Hasil Pemetaan Mutu Pendidikan di Kabupaten Karangasem pada 26 Agustus 2019 di salah satu kawasan wisata di Desa Tumbu.  Kegiatan dibuka Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri sekaligus menyampaikan Kebijakan Daerah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.

Bupati Mas Sumatri menyampaikan bahwa dari 9 kabupaten/kota, Kabupaten Karangasem merupakan kabupaten dengan IPM terendah, buta aksara tertinggi, namun masyarakat karangasem banyak yang berhasil di luar daerah. IPM terendah tentunya harus ditopang dengan pembangunan infrastruktur dan investasi. Dalam menuntaskan buta aksara, Karangasem memiliki program Kartu Karangasem Cerdas, dengan program Paket A, B, C, yang merupakan salah satu program dalam menunjang Visi untuk mewujudkan Karangasem yang cerdas,  yang mutu pendidikannya harus dijamin, bersih bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana.

Harapannya, Dinas Pendidikan melalui LPMP untuk mendata mutu pendidikan di Kabupaten Karangasem. ”Data penting sebagai acuan untuk melihat mutu pendidikan sehingga kita dapat meningkatkan kualitas sebagai pelaku pendidikan untuk mewujudkan  IPM  ini meningkat,” ujarnya. ”Anggaran dan pelaksanaan harus sinkron. Anggaran, sarana, dan juga infrastruktur tidak bisa diabaikan karena merupakan rangkaian yang harus kita miliki di Karangasem,” tuturnya lebih lanjut.

Dari hasil pemetaan mutu pendidikan yang dilakukan, tampak bahwa capaian Standar Nasional Pendidian yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu pada Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) serta Standar Sarana dan Prasarana. Rekomendasi yang dapat diberikan terkait Standar PTK, antara lain agar Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait melakukan pemetaan mutu PTK sesuai analisis kebutuhan, serta dalam melakukan rekrutmen PTK, pemerintah melalui OPD terkait agar menyesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan hasil pemetaan PTK.

Dalam upaya meningkatkan pencapaian mutu Standar Sarana dan Prasarana sekolah, rekomendasi yang diberikan antara lain, agar Pemerintah Daerah diharapkan untuk melakukan pemetaan kebutuhan sarana dan prasarana pendukung pendidikan setiap satuan pendidikan, peningkatan kualitas dan kuantitas ruang belajar mengacu pada kebutuhan ruang kelas pada satuan pendidikan.

Bupati Mas Sumatri meminta Kepala Dinas Pendidikan menindaklanjuti apa yang menjadi arahannya, karena 7 T  yang dibuat, yaitu temukan, tentukan, tawarkan, terapkan, tepat janji, tepat mutu, dan tepat sasaran mendukung program yang dicanangkan dapat terlaksana dengan baik.

Adanya data kondisi sekolah yang memerlukan bantuan  dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan anggaran yang tepat. Bupati Mas Sumatri berharap dapat dibuatkan  animasinya/gambaran, untuk membuat rancangan anggaran secara tepat. Keseriusan sangat penting, akan menjadi sebuah kekuatan untuk membangun SDM unggul di Kabupaten Karangasem. Karangasem mampu menyelesaikan dan menuntaskan program tuntas belajar 9 tahun sesuai dengan visinya.

Kegiatan Diseminasi Hasil Pemetaan Mutu Pendidikan di Kabupaten Karangasem dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan unsur Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepala Seksi, Kepala Bidang, TPMPD, Dewan Pendidikan, Pengawas, KKKS, MKKS, KKG, serta operator. (pbr)

Selengkapnya

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button