BeritaKurikulum 2013Seksi FPMP

PRAKTIK TERBAIK (BEST PRACTICE): EFISIEN DAN EFEKTIF MENYELESAIKAN SUATU PERMASALAHAN

Setiap guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah tentunya memiliki berbagai macam pengalaman yang berhasil mengatasi berbagai masalah dalam menjalankan tugasnya.  Pengalaman tersebut perlu dituangkan ke dalam sebuah tulisan/karya yang dapat menginspirasi para guru dan tenaga kependidikan (GTK)  lainnya.

Best Practice mendeskripsikan pengalaman dan keberhasilan seseorang dalam melaksanakan tugasnya termasuk mengatasi berbagai masalah yang muncul dengan mengembangkan cara-cara baru/inovatif. Untuk mendorong GTK dalam mendeskripsikan pengalaman dan keberhasilan dalam melakukan praktik terbaiknya, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Bali melaksanakan Workshop Penyusunan Best Practice Hasil Pendampingan Kurikulum 2013 Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah pada 8 s.d. 11 Desember 2018 di LPMP Bali, Jalan Letda Tantular No. 14 Niti Mandala Denpasar.

Kegiatan Workshop Penyusunan Best Practice dihadiri oleh 100 peserta terdiri atas unsur kepala bidang, kasi kurikulum,  koordinator pengawas, kepala sekolah, dan guru. Penanggung jawab kegiatan adalah Kepala Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan (FPMP) LPMP Bali, Dra. Gusti Ayu Sriati, M.Pd. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala LPMP Bali, I Made Alit Dwitama, S.T, M.Pd. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran pengawas sangat  strategis dan penting untuk mendampingi sekolah supaya bisa menjadi sekolah yang berbudaya mutu. Tiga hal yang menjadi fokus kita sekarang adalah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Gerakan Literasi Sekolah (GLS), dan Kompetensi Abad 21.

Praktik-praktik baik yang dilakukan GTK dalam implementasi Kurikulum 2013 wajib dituangkan dalam bentuk tulisan ilmiah. Dalam penyusunan Best Practice ini, peserta diberi kesempatan untuk menampilkan pengalaman terbaiknya dalam pendampingan atau implementasi Kurikulum 2013 serta menyebarluaskannya dalam bentuk presentasi di hadapan peserta lainnya. Kegiatan difasilitasi oleh para Widyaiswara LPMP Bali, yaitu: Dr. I Wayan Surata, M.Pd.; Dr. Ni Made Suciani, M.Pd.; Drs. I Made Suastana, M.Hum.; Drs. I Wayan Suandi, M.Pd.; Drs. I Ketut Gede Suteja, M.Pd.; dan Suheldina Krisniwana, S.Pd., M.A

Selengkapnya

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button