Sekolah ModelSeksi PMS

Asistensi Sekolah Model: Membangun Kesamaan Persepsi dalam Implementasi SPMI

Tahun 2018 merupakan tahun ketiga pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) melalui Sekolah Model yang ditetapkan dan dibina oleh LPMP Bali untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain di sekitarnya dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Menindaklanjuti hasil evaluasi pelaksanaan SPMI tahun 2017 yang lalu, pada tanggal 23 April 2018 dilaksanakan kegiatan Asistensi Persiapan Pendampingan Sekolah Model yang dibuka oleh Kepala LPMP Bali, I Made Alit Dwitama, ST.,M.Pd. bertempat di ruang Graha Sarwa Guna II, LPMP Bali, Jl. Letda Tantular No. 14 Denpasar.

Dalam sambutannya dihadapan 98 orang kepala sekolah model jenjang SD dari 9 kabupaten/kota ini, Kepala LPMP Bali menyampaikan bahwa melaksanakan penjaminan mutu internal sudah menjadi kewajiban sekolah sesuai Permendikbud No 28 Tahun 2016. Diharapkan, sekolah model ini akan menjadi percontohan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan. Sehingga nanti bisa melampaui SNP dan menjadi sekolah yang berbudaya mutu.

Dalam pelaksanaan SPMI ini Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memberikan dana bantuan pemerintah yang dapat digunakan oleh sekolah untuk membangun dan menguatkan sistem dalam penjaminan mutu internal. Sehingga pelaksanaan penjaminan mutu dapat diterapkan secara optimal.

Melalui kegiatan Asistensi SPMI selama dua hari ini diharapkan adanya persamaan persepsi antara LPMP Bali dengan para kepala sekolah model dalam memahami penerapan sistem penjaminan mutu dan mengetahui pencapaian terkini dalam pengembangan pengembangan sekolah model. Sekolah dapat memahami tentang pengelolaan Dana Bantuan Pemerintah dan menyusun rencana tindak lanjut berupa proposal kegiatan, Rencana Anggaran Biaya (RAB), yang dikuatkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara LPMP Bali dengan Kepala Sekolah Model.

Selengkapnya

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button